Sabtu, 12 Januari 2013

3 Bintang yang lebih besar dari matahari


Assalamualaikum, karena ane takjub banget sama jagad raya jadi ane mau berbagi informasi umum mengenai bintang-bintang yang lebih besar dari pada matahari. Sebenarnya banyak bintang yang lebih besar dari matahari, namun ane kali ini cuma ingin memberi tahu kalian 3 saja. langsung aja kita simak dan pahami cekidot::

1. RIGEL STAR (BINTANG RIGEL)
      
       Tahu kenapa alasan ane menulis  dengan tinta biru di judulnya? ya benar, karena planet ini berwarna biru cerah yang merupakan bintang paling terang ke 6 di galaxy kita. Tapi meskipun bintang ini berwarna biru, namun tidak berarti bintang ini dingin/tidak panas. Bintang ini memiliki suhu permukaan sekitar 36000 F yang jauh lebih besar dari pada matahari, yang hanya sekitar 10000 F. Massa bintang ini juga jauh lebih besar dari pada matahari yaitu sekitar 20x masa matahari. bintang ini juga memiliki kecerahan sekitar 47000 lebih cerah  dari matahari. let's talk about size, sekitar 62 kali lebih besar dari pada sistem solar terbesar kita. wow, it just amazing.
 
                               


2. BETELGUESE


            Betelgeuse adalah bintang paling terang di Orion dan menandai bahu barat konstelasi. Betelgeuse adalah salah satu bintang terbesar yang diketahui dan mungkin setidaknya ukuran orbit Mars atau Jupiter mengelilingi matahari. Berarti diameter sekitar 700 KALI UKURAN MATAHARI atau memiliki diameter sepanjang 600 juta mil. Untuk masalah suhu, matahari kita masih menang (6000 F dibandingkan dengan 10.000 F Matahari).Suhu rendah ini berarti bahwa bintang akan muncul oranye-merah warna.

Betelgeuse memancarkan hampir 7.500 kali energi sebanyak Matahari. Kombinasi ukuran dan suhu memberitahu astronom bahwa bintang adalah jenis bintang yang disebut super raksasa merah. Super red raksasa adalah bintang yang mendekati akhir hidup mereka.Mungkin dalam sepuluh sampai ratus ribu tahun depan Betelgeuse akan berakhir hidupnya dalam supernova ledakan. Akhir-akhir 2012 ini sih katanya mau meledak, tapi alhamdulillah enggak.


3 VY CANIS MAJORIS
            inilah bintang terbesar yang pernah diketahui manusia di galaxi kita, ciptaan tuhan yang sangat luar biasa. Yaitu "VY CANIS MAJORIS".  bintang ini memiliki ukuran diameter yang diluar akal sehat yaitu sekitar 1,900.000.000.000 (milyar) kilo meter atau sekitar 1500 kali lebih besar dari pada matahari (1,3000.000)  dengan temperatur sebesar 3000 kelvin. bisa dibayangkan betapa besarnya bintang ini. butuh beratus bahkan beribu-ribu tahun untuk dapat mengelilinginya 1 kali.

                         



        Nah, gimana informasinya? menarikkan? hehe.. kita dapat menyimuplkan bahwa kita sebagai manusia tidak ada apa-apanya dihadapan tuhan yang menciptakan alam semesta ini, jadi janganlah sombong karena kita begitu kecil dihadapannya.....
         Insya allah ane nge-post informasi yang unik dan menarik lagi di lain waktu :D, maaf ya kalau ada kesalahan. Assalamualaikum Wr.Wb ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar